Home / Berita / Belajar dari Balikpapan

Belajar dari Balikpapan

KOTAMOBAGU – Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, jadi salah satu lokasi KPU Kota Kotamobagu menggali pengalaman menyelenggarakan pilkada serentak.
“Banyak pelajaran yang bisa diambil dari penyelenggaraan pilkada serentak di Kota Balikpapan, diantaranya adalah ketika KPU harus berhadapan dengan persoalan hukum, dimana mereka di-PHP-kan oleh berbagai pihak, sejak awal tahapan hingga akhir tahapan pilkada serentak tahun 2015,” kata Iwan Manoppo, Komisioner KPU Kotamobagu, di ruang kerjanya, Senin (14/08/17).
Menariknya, kata Iwan, salah satu sengketa yang terjadi adalah akibat dari tidak solidnya komisioner KPU Kota Balikpapan, sehingga Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan memberhentikan salah satu komisioner yang dianggap berseberangan dengan kebijakan KPU secara berjenjang.
“Soliditas menjadi faktor utama kesuksesan KPU menyelenggarakan pilkada. Karena itu kami; KPU Kota Kotamobagu, berharap di Pilwako nanti kita bisa solid dan kompak, bukan hanya antar komisioner tapi juga komisioner dengan sekretariat,” tegas Iwan. Selain soal soliditas kerja, KPU Kota Kotamobagu mengaku terkesima dan terkesan dengan tampilan Rumah Pintar Pemilu (RPP) ‘Semayang’ milik KPU Kota Balikpapan. “Padahal antara KPU Kota Kotamobagu dengan KPU Kota Balikpapan tidak ada perbedaan, yakni sama-sama menempati kantor yang dipinjamkan oleh Pemerintah Kota. Namun yang dilakukan Balikpapan ternyata lebih baik tertata, apik dan inovatif,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang ikut ke Balikpapan.
Karena itu, lanjut Asep, ke depan KPU Kota Kotamobagu akan memperbaiki tampilan RPP agar masyarakat yang akan mengunjungi RPP bisa lebih nyaman dan berbagai kebutuhan data maupun informasi bisa terpenuhi.
Studi komparasi KPU Kota Kotamobagu ke Balikpapan itu sendiri dilaksanakan Kamis-Jumat (10-11/08/17) pekan kemarin. Selain dua komisioner Iwan Manoppo dan Asep Sabar, turut dalam rombongan Sekretaris KPU Kota Kotamobagu, Frans Manoppo, dua Kasubag; Meidy Jaya Mokoginta (Hukum) dan Polce Liando (Program dan Data), didampingi Yusril Kobandaha (Operator Sidalih) dan Dedy Damopolii (Staf Logistik).
Turut mendampingi studi komparasi KPU Kota Kotamobagu ke Balikpapan selama dua hari itu tiga komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara, yakni Yessy Momongan, Ardiles Mewoh dan Fachrudin Noh.
Sehari sebelum bertolak ke Balikpapan rombongan KPU Kota Kotamobagu sempat mengadakan pertemuan dengan Ketua KPU RI, Arif Budiman, di Kantor KPU Jalan Imam Banjol Jakarta. Dalam kesempatan tersebut KPU Kota Kotamobagu yang diwakili Iwan Manoppo dan Asep Sabar menyampaikan undangan terkait pelaksanaan Peresmian Tahapan Pilwako Kota Kotamobagu 2018.
“Kami mengharapkan kehadiran langsung Ketua KPU RI pada acara peresmian tersebut. Jadwalnya sudah disepakati pertengahan September mendatang. Mudah-mudahan tidak ada halangan,” pungkas Asep.(**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …