Home / Berita / Bawaslu-KPU Samakan Persepsi

Bawaslu-KPU Samakan Persepsi

KOTAMOBAGU – Selama tiga hari, sejak Jumat (10/07/15) hingga Minggu (12/07/15) Bawaslu dan KPU se-Sulut menggelar rakor terkait pengawasan pemutakhiran data pemilih Pilgub Sulut Tahun 2015, di Hotel Gran Puri Manado.

“Kegiatan ini penting dalam rangka menyamakan persepsi, khususnya terkait dengan penyusunan data dan daftar pemilih pada pemilihan gubernur, bupati dan walikota se-Sulut tahun 2015 ini,” kata Johnny A Suak, personil Bawaslu Sulut, Jumat (10/07/15).

Pengalaman selama Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden, lanjut Suak, persoalan data pemilih selalu menimbulkan persoalan, bahkan hingga sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Maka dari itu untuk menghindari terjadinya kasus tersebut, kita melakukan rakor, dan kali ini mengundang Dinas Dukcapil dan partai politik.”

Menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu membidangi data informasi dan humas, yang mengikuti acara tersebut mengakui kalau acara tersebut penting dan menjadi bagian terpenting dalam rangka sukses Pilkada serentak Tahun 2015 di Sulawesi Utara.

“Para peserta bisa bertukar pikiran dan sharing atas apa yang terjadi selama Pemilu 2014 kemarin. Intinya semua pihak mengharapkan Bawaslu-KPU bisa bersinerji dan saling menopang untuk mensukses pilkada serentak.”

Selain personil Bawaslu yang menjadi pemateri pada acara tersebut, KPU Provinsi Sulawesi Utara juga mengutus Ketua Divisi Data Informasi, Zulkifli Golonggom untuk menjelaskan tahapan pemutakhiran data yang sementara berlangsung saat ini.

Menurut Zulkifli, KPU Kabupaten/Kota se-Sulut sudah berkomitmen untuk berkerja maksimal, khususnya dalam menuntaskan data pemilih yang pekan depan memasuki tahapan pencocokan dan penelitian oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“PPDP di seluruh kabupaten/kota se-Sulut sudah siap, mereka sudah ada yang di-bimtek, termasuk juga PPS-nya sebagai coordinator. Pastinya mereka akan berkeja mulai 15 Juli hingga 19 Agustus mendatang,” pungkas Zulkifli. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply