Home / Berita / Baru PKS Masukkan Rekening Khusus

Baru PKS Masukkan Rekening Khusus

KOTAMOBAGU – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kotamobagu resmi memasukkan rekening khusus parpol ke KPU Kotamobagu, Kamis (6/11) kemarin.
Menurut Ketua Divisi Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, Aditya Tegela, memang sebagaimana aturan, setiap partai politik peserta pemilu diminta untuk segera memasukkan rekening khusus kampanye. “Rekening ini nantinya akan dilengkapi dengan laporan keuangan penggunaan dana kampanye,” kata Aditya di ruang kerjanya, Jumat (7/11) kemarin.
ADitya mengingatkan kepada Partai Politik serta calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk mencermati kelengkapan rekening khusus dana kampanye sebelum dilaporkan. “Hal utama yang perlu diteliti dan dilengkapi antara lain meliputi penerimaan dan pengeluaran (dana kampanye) baik dalam bentuk uang, barang maupun jasa,” jelasnya.
Selain itu, menurut dia, pelaporan juga harus menggunakan formulir sesuai yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 17 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaporan Dana Kampanye Pemilu 2014. Dimana untuk sumbangan dari perseorangan bagi partai politik (parpol) maksimal Rp1 miliar, dari perusahaan atau kelompok maksimal Rp7,5 miliar. Sementara bagi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk sumbangan dari perseorangan maksimal Rp250 juta dan dari badan usaha maksimal Rp500 juta. “Itu bersifat komulatif selama kampanye. Artinya yang menyumbang tidak boleh lebih dari batasan yang telah ditentukan,” katanya.
Sementara itu bagi calon legislatif juga diwajibkan melaporkan dana kampanye dengan perantara masing-masing parpol. “Pada prinsipnya kalau sumbangan kan diberikan kepada parpol bukan pada caleg. Jadi, kalau untuk caleg harus membuat laporan kepada parpol terlebih dahulu terkait penggunaan dana kempanye,” katanya lagi. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply