Home / Berita / Baloi Pololibo’an Segera Diresmikan

Baloi Pololibo’an Segera Diresmikan

KOTAMOBAGU – Informasi seputar pemilu maupun pilkada kini akan lebih mudah diakses oleh masyarakat karena KPU Kotamobagu akan segera meresmikan rumah pintar pemilu (RPP) “Baloi Pololibo’an”.
“Baloi Pololibo’an yang berarti rumah tempat bertanya tersebut nantinya akan multi fungsi, selain sebagai media center, pusat informasi publik, juga sebagai pusat pendidikan pemilih,” tegas Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang juga penanggungjawab RPP KPU Kotamobagu, di kantornya, Kamis (21/04/17).
RPP tersebut, kata Iwan akan dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara dan menghadirkan para pejabat daerah pada Rabu (26/04/17) pecan depan. “Agendanya sudah fix dan tinggal kita merampungkan persiapan RPP maupun acara peresmiannya.”
Menurut Iwan, RPP tersebut nantinya terbuka untuk umum. “Tujuan RPP secara umum untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan sebagai pusat informasi kepemiluan. Kemudian, juga untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi, memperkenalkan nilai-nilai demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, serta menanamkan kesadaran nilai-nilai demokrasi kepada semua segmen masyarakat.”
Menambahkan apa yang disampaikan Iwan, Komisioner KPU Kotamobagu lainnya, Asep Sabar, di RPP itu pengunjung bisa melihat konten-konten, seperti perjalanan sejarah kepemiluan melalui tayangan audio visual. Termasuk nanti setelah masuk pada tahapan Pilwako Kotamobagu, semua informasi yang harus diketahui masyarakat akan kami tampilkan di RPP,” kata komisoner berlatar jurnalis ini.
Pantauan media ini, RPP yang merupakan program prioritas KPU RI di tahun 2017 diharapkan dapat memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi, makanya RPP KPU Kotamobagu didesain ada ruang pameran, ruang simulasi dan ruang diskusi.
Pentingnya pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran politik masyakarat akan arti pentingnya pemilu sebagai perwujudan proses kedaulatan rakyat dalam memilih wakil rakyat dan kepala pemerintahan baik di tingkat pusat maupun di daerah.
Hanya saja, karena tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwako) Kotamobagu tahun 2018 hingga kini belum ada, maka RPP yang ditampilkan kali ini lebih berkait dengan hal-hal yang sudah dilaksanakan sebelumnya, seperti Pileg dan Pilpres 2014 dan Pilgub 2015. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …