Home / Berita / Bahas Dapil KPU Undang Pimpinan Parpol

Bahas Dapil KPU Undang Pimpinan Parpol

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menggelar konsultasi publik tentang pembagian daerah pemilihan (dapil) pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014. Konsultasi publik tersebut melibatkan 10 pimpinan partai politik peserta Pemilu 2014 di Kotamobagu, yang digelar di Media Center KPU.

“Dalam pengusulan dapil ke KPU Pusat, melewati beberapa tahapan. Mulai pembahasan secara internal KPU Kotamobagu, kemudian dengan KPU Provinsi Sulut dan sebelum diusulkan harus meminta saran masukan parpol sebagai peserta Pemilu nantinya,” ujar Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan. Dapil ini menjadi agenda pembahasan pada rapat kerja (raker) seluruh KPU di Sulut pada pekan lalu di Kotamobagu. Nayodo mengatakan, dapil tersebut tentu harus disosialisasikan kepada parpol-parpol yang akan menjadi peserta pemilihan umum.

KPU Kotamobagu sudah mempunyai dua opsi untuk diusulkan. Yakni, bertahan dengan tiga dapil seperti Pemilu 2009 atau menambah satu dapil lagi, sehingga menjadi empat dapil,” ujar Nayodo. Kotamobagu, lanjutnya, kemungkinan akan terbagi menjadi empat dapil. Pada Pileg 2009, daerah tersebut terbagi menjadi tiga dapil. Pada pileg nanti, Kecamatan Kotamobagu Timur dan Utara yang semula satu dapil akan dipecah menjadi dua dapil. Namun, jumlah kursi di DPRD Kotamobagu tetap seperti pada tahun 2009, yakni 25 kursi.

Pembahasan dapil ini berdasarkan jumlah penduduk Kotamobagu berdasarkan Data Agregat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2) dari Pemkot Kotamobagu. Kotamobagu Utara menjadi dapil satu. Dapil dengan jumlah penduduk 17.330 ini mendapat jatah empat kursi. Kecamatan Kotamobagu Barat tetap menjadi dapil dua dengan jumlah kursi sembilan. Kecamatan ini mempunyai jumlah penduduk yang paling banyak di Kotamobagu, yakni 42.713 jiwa. Kecamatan Kotamobagu Selatan dengan jumlah penduduk 29.954 jiwa tetap jadi dapil tiga. Kursi yang diperebutkan pun tetap enam. Dapil baru atau dapil empat meliputi Kecamatan Kotamobagu Timur. Kecamatan ini memiliki jatah kursi sama dengan Kotamobagu Selatan atau dapil tiga. Sebanyak enam kursi akan diperebutkan di daerah yang memiliki penduduk sebanyak 29.919 jiwa.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply