Awasi Ketat Coklit Data Pemilih

KOTAMOBAGU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengawasi ketat proses pemutakhiran data pemilih, dalam persiapan Pilkada serentak 2015 di daerah ini.“Kita harap KPU melakukan monitoring,” kata salah satu personil Bawaslu Sulut, Johnny A Suak, saat menutup acara Rakor Pengawasan Data dan Daftar Pemilih Pilkada Serentak Sulut 2015 di Hotel Grand Puri, Minggu (12/07/15).

Dia menyarankan semua pihak dapat menyerahkan sepenuhnya kepada KPU dalam proses mengumpulkan dan pemutakhirkan DPT (daftar pemilih tetap) oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Percayakan penuh kepada KPU, karena itu PPDP harus siap. Ada pengawas dibawah yang nanti akan memantau dan mengawasi kinerja PPDP,” beber Suak.

Karena itu, Bawaslu berharap KPU Kabupaten/Kota dapat merekrut orang-orang yang bisa bekerja secara profesional untuk melaksanakan tugas sebagai PPDP‎. Lantaran, PPDP menjadi pintu utama terakomodir atau tidaknya hak pilih warga yang mempunyai hak.

“PPDP kita harap mulai rekrutmen tidak lagi ambil orang yang tidak mampu lakukan kerja secara prosedur, PPDP jadi pintu pertama. Kalau ini berhasil maka pencegahan orang-orang yang tidak berhak, anak-anak, orang meninggal tidak boleh masuk,” tegas Suak.

Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu, yang hadir pada acara tersebut bersama Musly Mokoginta dan Asram Abdjul dari Panwas Kotamobagu, mengatakan pihaknya sepakat dengan apa yang disampaikan Bawaslu Sulut, bahwa percayakan penuh kepada KPU dalam tahapan pemutakhiran data pemilih ini.

“Kami jauh-jauh hari sudah mewanti-wanti jangan sampai terjadi persoalan ditingkat PPDP. Makanya kami tegas kepada PPS maupun PPK untuk benar-benar mengawal dan memantau perkembangan pekerjaan PPDP.”

Nah, terkait dengan itu, lanjut komisioner yang membidang data dan informasi ini, mulai Senin (13/07/15) hingga Selasa (14/07/15) besok KPU Kotamobagu menggelar bimbingan teknis bagi PPDP.

“PPDP akan mulai bekerja 15 Juli hingga 19 Agustus mendatang. Sementara acara bimteknya akan dilakukan dimulai pukul 15.00 hingga selesai.” (**)

Leave a Reply