Home / Berita / APK Perlu Ditata

APK Perlu Ditata

KOTAMOBAGU – Untuk mensukseskan Pemilu 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan perbaikan regulasi terkait teknis pelaksanaannya. Salah satunya adalah pengaturan pemasangan alat peraga kampanye (APK). Dimana, partai politik (Parpol) dan calon anggota DPR, DPD dan DPRD tidak diperbolehkan lagi memasang alat peraga secara serampangan.
“Kami menginginkan parpol dan para caleg lebih banyak melaksanakan pertemuan tatap muka dengan pemilih. Masyarakat pastinya berkeinginan juga untuk menyampaikan aspirasinya kepada parpol dan para caleg yang akan dipilihnya,” ujar Asep Sabar, anggota KPU Kotambagu.

Dia mengakui banyak kalangan mengkhawatiran kebijakan tersebut, terutama terkait biaya kampanye. Menurut Asep, untuk mengumpulkan orang dalam kampanye tidak selalu berpatokan pada anggaran. “Di situlah dituntut kreatifitas parpol untuk menyiapkan acara yang dapat menarik perhatian masyarakat,” ujar Ketua Divisi Data Informasi, Kampanye, Humas dan Antar Lembaga KPU Kotamobagu ini.

Selain mengatur pemasangan alat peraga kampanye, KPU juga berupaya meningkatkan kualitas daftar pemilih. “Molornya penetapan DPT sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan. Hanya ada pada beberapa variabel saja, dan itu dapat dilacak lagi. Misalnya digit ke-16 dalam NIK berisi nol, treatment yang dilakukan cukup mencari satu angka terakhir yang hilang tersebut,” jelasnya.

Asep menegaskan pencermatan ulang data KPU yang dilakukan saat ini untuk memastikan saja, apa terjadi perubahan atau tidak. “Yang pasti sejak awal tidak mungkin semua pihak terkait memiliki data yang persis sama. Karena, pasti dalam perjalanannya selalu saja ada yang meninggal, pindah, menikah, berubah status menjadi TNI/Polri, dan sebaiaknya,” pungkas Asep. (dh/kk)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply