Home / Berita / APK Parpol Diserahkan

APK Parpol Diserahkan

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu bagikan Alat Peraga Kampanye (APK) kepada peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Penyerahan APK dilakukan secara simbolis kepada perwakilan Parpol, perwakilan Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden serta perwakilan dari Calon DPD di kantor KPU Kota Kotamobagu, Minggu (30/12/2018).

Ketua KPU Kota Kotamobagu Iwan Manoppo mengatakan, dalam hal ini pihak KPU memfasilitasi APK berupa baliho dan spanduk. Selanjutnya, APK untuk dipasang oleh peserta Pemilu 2019 baik dari parpol, paslon capres dan cawapres serta dari DPD.

“Sehingga kami (KPU, red) sangat mengharapkan agar nantinya APK yang telah dibagikan dan diterima oleh peserta pemilu dapat dipergunakan sebagaimana mestinya serta pemasangan pemeliharaan hingga penurunan dan pembersihan nantinya pada saat massa tenang merupakan tanggung jawab peserta pemilu,” pungkas Manoppo.

Sementara itu, Ketua Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas, Zulkifli Kadengkang menuturkan bahwa Kita (KPU) hanya memfasilitasi saja, mengenai pemasangan kita serahkan kepada yang bersangkutan.

Zulkifli menjelaskan, jumlah yang diserahkan kepada masing-masing tim kampanye pasangan calon presiden 10 Pcs baliho dan 16 lembar spanduk. Sedangkan kepada partai politik diserahkan 10 Pcs baliho dan 16 spanduk, serta kepada calon DPD 10 spanduk.

“Jumlah APK yang diberikan sesuai ketentuan PKPU, namun untuk ukuran merupakan hasil kesepakatan bersama. Terkait dengan lokasi pemasangan, itu sudah ditetapkan pada zona ketetapan yang boleh dan tidak boleh dipasang APK,” terang dia.

Selain itu, Zulkifli menghimbau, agar pemasangan APK nantinya jangan sampai mengabaikan estetika. Hal ini juga menjaga agar tidak mengganggu masyarakat.

“Kita sudah rapat dan menyampaikan imbauan. Seperti spanduk tidak boleh dipasang melintang di jalan, dipaku di pohon, begitu juga dengan baliho itu harus menggunakan konstruksi dan konstruksi itu harus menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat,” kata Zulkifli.

Dirinya juga menghimbau agar Parpol dan tim Caleg, tidak memasang APK difasilitas umum milik negara. Karena itu sangat dilarang dan sudah diatur dalam PKPU.”Terkait larangan itu sudah diatur dalam PKPU 23. Aturan itu juga sudah jauh hari disampaikan dan ditaati bersama,” pungkas Zulkifli. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …