Home / Berita / APK Nakal Akan Disegel

APK Nakal Akan Disegel

KOTAMOBAGU – Hasil rapat koordinasi antara komisi pemilihan umum (KPU), Panwaslu, Pemkot dan partai politik (parpol) se-Kotamobagu, Kamis (06/03/14), menghasilkan beberapa poin penting.

Salah satu diantaranya adalah penertiban alat peraga kampanye (APK) caleg maupun parpol yang saat ini sudah pada situasi semakin tidak terkendali. “Semua pihak berjanji akan melakukan penertiban sendiri. Namun kalau tidak, tim gabungan akan melakukan pembersihan,” kata Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan.

Yang menarik, pihak Panwas Kotamobagu bahkan akan langsung ‘menyegel’ alat peraga kampanye yang dianggap melanggar. “Kami akan langsung men-spoit atau menyegel APK yang dianggap melanggar aturan dan dipasang belum waktunya. Tulisan segelnya: ‘APK Ini melanggar PKPU Nomor 01/2013’. Ini agar yang memasang tahu apa kesalahannya sampai APK-nya disegel,” tegas Agus Paputungan yang diiyakan Ivan Tandayu.

Instruksi seperti itu, kata keduanya, merupakan rekomendasi dari Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, agar ada efek jera dari peserta pemilu yang tidak taat aturan. “Kami memang sudah berulang kali melakukan penertiban tapi selalu diabaikan dan dipasang kembali oleh parpol maupun caleg,” tambah Ivan.

Terkait penertiban, tim gabungan akan segera turun pada Sabtu (08/03/14) dan menyisir seluruh lokasi yang ada di Kotamobagu. “Kami berharap masih ada waktu sehari, mudah-mudahan parpol dan caleg sendiri yang berinisiatif menurunkan sendiri APK-nya,” pungkas Nayodo. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply