Home / Berita / APK Harus di Zona

APK Harus di Zona

KOTAMOBAGU – Memasuki masa kampanye Pemilu 2014, banyak kalangan mengkonfirmasikan pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Pasalnya, menurut mereka, ada ketidakseriusan pihak-pihak yang berkompeten dalam menindak APK-APK tidak sesuai aturan. Akibatnya muncul ketidakadilan antara satu peserta dengan peserta yang lain.

Menurut Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi kampanye, pada Pasal 17 huruf a PKPU No. 15/2013 dijelaskan bahwa peserta pemilu dilarang memasang APK pada tempat ibadah, rumah sakit, gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan, jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana-prasarana publik, serta taman dan pepohonan.

Selain di tempat itu, kata Asep, dibolehkan dengan ketentuan. Prinsipnya, kita membuat aturan untuk baliho setiap desa satu. Untuk bendera parpol diperbolehkan satu zona, satu bendera, termasuk untuk spanduk.

“Sayangnya yang terjadi saat ini banyak bendera-bendara partai diikat di tiang listrik ataupun pohon-pohon pelindung. Ini harusnya langsung ditertibkan. Yang perlu diingatkan kembali yang namanya caleg itu spanduk bukan baliho dan hanya satu buah setiap desa atau kelurahan. Sementara baliho untuk parpol,” pungkas Asep. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply