Home / Berita / Alasan Pakai Kardus

Alasan Pakai Kardus

KOTAMOBAGU – Banyak pihak mengkritik logistik, khususnya kotak suara dan bilik pada pemilu kali ini yang terbuat dari kardus.

Menurut Ketua Divisi Logistik, Perencanaan dan Keuangan KPU Kotamobagu, Nova Tamon, pada rapat konsolidasi pekan lalu sudah dijelaskan bahwa kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggunakan kardus bukan tanpa alasan. KPU mempunyai semangat menjadikan pemilu 2014 selain jujur dan adil, tetapi harus lebih efektif dan efisien dari pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kotak suara berbahan kardus mempunyai ketahanan yang kuat untuk menyimpan logistik di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bahkan KPU RI sudah mencoba dengan menduduki kotak suara tersebut dan terbukti. Hal itu menepis kekhawatiran berbagai pihak yang menyangsikan kekuatan kotak suara berbahan kardus itu,” kata Nova mengikuti apa yang disampaikan salah satu komsioner KPU RI Arief Budiman saat konsolidasi di Jakarta.

Artinya, lanjut Nova, kalau seorang Arief Budiman yang beratnya 94 kilogram lebih kondisi kotak suara aman, apalagi cuma formulir, surat suara, C2 plano, dan amplop.

“Pemilu 2014 harus murah, simple dan efektif. Jadi, setelah dipakai pada pemilu 2014 tidak perlu susah-susah menyimpannya, tidak perlu biaya perawatan dan gudang, langsung musnahkan. Untuk harganya, rata-rata kardus kotak suara hanya Rp.50 ribu – Rp.100 ribu, sedangkan untuk yang berbahan alumunium bisa mencapai Rp.300 ribu, lebih murah 1/3-nya,” ujar Arief sebagaimana ditirukan Nova, Minggu (09/02/14).

Terkait dengan keamanan kotak suara, semua hal pasti ada celahnya, tergantung niat dari masing-masing pihak. Kalau ada pihak yang mempunyai niat buruk, tidak ada yang sempurna. Kalau mau sempurna, maka kotak suara terdiri dari brankas. membukanya harus pakai kombinasi, bukan hanya aman dari niat buruk, tetapi juga dari air dan api. Tapi berapa anggaran negara yang harus dikeluarkan untuk memproduksi itu. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply