Home / Berita / Alasan Lambannya Scan C1

Alasan Lambannya Scan C1

KOTAMOBAGU – Hingga Jumat petang, belum semua formulir C yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.

Alasan yang banyak disampaikan, formulir tersebut terlanjur dimasukkan ke kotak, karena itu harus melalui mekanisme pleno ditingkat panitia pemungutan suara (PPS). “Informasi yang diperoleh sebenarnya formulir tersebut sudah ada hanya saja harus dilakukan berita acara kalau ingin membuka kotak,” kata Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, Jumat (11/04/14).

Sebagaimana diketahui, mekanisme pemindaian formulir C1 di KPU Kabupaten/Kota sebenarnya bermanfaat banyak, selain para calon legislatif (caleg) bisa mengetahui perolehan suaranya sendiri masyarakat juga bisa memantau lewat publikasi hasil pemindaian C1 di website KPU.

“Jadi hasi perolehan suara setiap caleg itu konsisten. Tidak berubah saat rekap berjenjang dilakukan,” kata Asep, mengutip apa yang disampaikan KPU RI.

Dalam Peraturan KPU Nomor 29/2013 telah dijelaskan tata cara penetapan hasil pemilu legislatif 2014. KPU menetapkan hasil perolehan suara skala nasional paling lambat 30 hari setelah pemungutan suara.

Untuk penetapan calon anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota didasarkan atas perolehan kursi parpol dan suara sah nama calon yang tercantum dalam daftar calon tetap (DCT). Calon terpilih merupakan calon dengan perolehan suara sah terbanyak. Jika tidak ada satupun suara calon yang sah, maka calon yang ditetapkan berdasarkan nomor urut di DCT.

Apabila dua calon mendapatkan jumlah suara yang sama, calon yang ditetapkan adalah calon dengan perolehan suara di daerah yang sebarannya lebih luas. Jika calon yang mendapatkan suara sama itu jenis kelaminnya berbeda, maka calon perempuan yang ditetapkan sebagai calon terpilih.

Karena sistem yang transparan dan bisa diawasi oleh semua pemangku kepentingan tersebut, maka kecil kemungkinan jual beli suara dilakukan caleg. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply