Home / Berita / Akhirnya PLN Datangi KPU

Akhirnya PLN Datangi KPU

KOTAMOBAGU – Pemadaman yang terjadi di KPU Kotamobagu saat dilakukan pelipatan surat suara akhirnya diklarifikasi pihak PLN. Intinya terjadi mis komunikasi antara PLN dan KPU Kotamobagu.

Menindaklanjuti masalah tersebut Selasa (11/03/14) petang Kepala Bagian Operasional PLN, Viktor, berkunjung ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu untuk mencari informasi terkait kegiatan KPU dalam mensukseskan Pemilu 2014.

Kepada dua komisioner KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo dan Asep Sabar yang didampingi Sekretaris KPU, Agung Adati, Viktor mengaku selama ini pihaknya belum menerima informasi atau pemberitahuan dari KPU Kotamobagu terkait dengan aktivitas  menyelenggarakan Pemilu 2014. “Seharusnya KPU mengirimkan surat atau permohonan ke PLN kalau mau ada kegiatan, supaya PLN bisa antisipasi pemadaman untuk areal kegiatan,” kata Victor.

Sebab, lanjutnya, saat ini PLN memang tengah mengalami krisis tenaga listrik, sehingga kebijakan pemadaman bergilir mau tidak mau dilakukan. “Kami sudah umumkan jadwal pemadamannya, tapi hanya di radio,” tambah Victor.

Kepada pihak KPU, Victor sempat meminta jadwal atau waktu-waktu yang tidak bisa dilakukan pemadaman, terutama pada saat perekapan suara hasil pencoblosan. “Kami nantinya akan menempatkan seorang petugas agar bisa mengantisipasi bila terjadi pemadaman bergilir.”

Sementara itu pihak KPU menegaskan bahwa KPU sudah proaktif dengan mengirimkan surat ke PLN. “Sejak tanggal 7 Maret 2014 KPU Kotamobagu sudah memasukkan surat pemberitahuan ke PLN. PLN bagi kami merupakan bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari Pemilu 2014, terutama saat perekapan suara mendatang. Karena itu jauh-jauh hari kami sudah memasukkan surat ke PLN,” tegas Agung.

Terkait dengan kebutuhan listrik, lanjut Agung, KPU juga meminta kepada PLN untuk tidak memadamkan areal KPU Kotamobagu pada tanggal 8-10 Maret mendatang. Karena pada saat itu akan dilakukan pengiriman data ke KPU RI melalui fasilitas internet yang membutuhkan listrik. Demikian juga untuk Sabtu (15/03/14), KPU berharap PLN tidak memadamkan areal KPU Kotamobagu karena akan dilakukan Kampanye Damai Parpol Peserta Pemilu 2014 dan dipusatkan di eks kantor Bupati Bolmong.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berlangsung sampai suksesnya pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden mendatang. Karena ini kegiatan nasional maka kerjasama dengan PLN sangat dibutuhkan demi suksesnya Pemilu 2014,” tambah Iwan Manoppo. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply