Home / Berita / Abaikan LDK II, Parpol Di-diskualifikasi

Abaikan LDK II, Parpol Di-diskualifikasi

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menetapkan bahwa batas pemasukan laporan dana kampanye (LDK) tahap II hingga 2 Maret, dan itu pun hanya sampai pukul 18.00 wita atau pukul 6 sore.

“LDK tahap II berisi laporan rekening khusus dana kampanye dan laporan awal dana kampanye partai politik,” kata Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang baru saja mengikuti rapat koordinasi (rakor) terkait LDK di Manado.

Lebih lanjut Aditya menjelaskan bahwa LDK II meliputi dokumen formulir DK-1 terkait penerimaan sumbangan dari pihak lain yang berbentuk perseorangan dan DK-2 untuk surat pernyataan penyumbang. Lainnya adalah DK-3 untuk penerimaan sumbangan yang berbentuk kelompok, DK-5 untuk laporan penerimaan sumbangan dari badan usaha dan DK-6 pernyataan dari penymbangnya.

“Juga ada formuli DK-13 untuk laporan pencatatan penerimaan dan pengeluaran calon legislative serta daftar laporan penerimaan sumbangan dana kampanye periode II parpol,” jelas Ketua Divisi Teknis penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu itu.

Terkait rekening khusus, masih kata Aditya, KPU RI juga menegaskan bahwa yang harus dimasukkan adalah formulir DK-8 untuk laporan pembukaan rekening khusus dana kampanye parpol. Kemudian formulir DK-1, DK-2, DK-3, DK4, DK-5, DK-6, DK-7 soal daftar aktivitas pengeluaran dana kampanye parpol. Kemudian DK-11 terkait daftar rincian saldo pertanggal rekening khusus dibuka. Diikuti DK-12 untuk pernyataan pertanggungjawaban parpol, DK-13 plus copy buku rekening khusus dana kampanye, rekening Koran dan bukti tahigan atau utang.

“Yang perlu diperhatikan, bila peserta pemilu tidak memasukkan LDK tersebut, sesuai Pasal 138 Ayat (1) dan (2) UU Nomor 8/2012 akan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu. Dan bagi parpol yang sudah memasukkan laporan namun masih perlu perbaikan, akan diberikan kesempatan memperbaiki selambatnya lima hari,” pungkas Aditya. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply