Home / Berita / 89.077 Surat Suara Mulai Dilipat

89.077 Surat Suara Mulai Dilipat

KOTAMOBAGU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu mulai mensortir 89.007 surat suara untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu yang digelar 24 Juni mendatang.
Selain disortir, surat suara itu langsung dilipat untuk keperluan Pilwako 2013 ini. Untuk melakukan tugas sortiran dan pelipatan surat suara ini, KPU melibatkan sekira 20-an orang. Para petugas ini merupakan staf yang bekerja di KPU KK dan sebagian lagi orang luar KPU yang dibayar khusus.

Menurut komisioner KPU Kotamobagu Nova Tamon, agar tidak ada surat suara yang terbawa atau diambil orang diluar petugas pelipat, pihak keamanan melakukan pengawasan dan pemeriksaan secara ketat. “Sebelum melakukan pekerjaan, para pelipat surat suara diperiksa,” ujar Nova, Senin kemarin.

Nova mengatakan, jika ada yang mengalami kerusakan parah, tentunya pihak KPU akan langsung melakukan langkah pemusnahan. “Meski kerusakan tidak parah dan masih bisa digunakan, tetap kita sortir dan akan dipisahkan. Untuk yang memang tidak layak lagi digunakan akan dimusnahkan, untuk menghindari hal yang tak diinginkan,” jelas Nova.

Dia melanjutkan, mereka yang melakukan pelipatan surat suara juga telah diberikan arahan dan bimbingan mengenai cara melipat yang benar. “Dengan demikian kesalahan dalam melakukan pelipatan surat bisa dihindari,” tambahnya.

Terpisah, komisioner KPU Amir Halatan mengatakan pihaknya telah menjadwalkan pengiriman logistik ke seluruh TPS yang ada di Kota Kotamobagu ini.

“H-1 atau pada hari Minggu 23 Juni, surat suara dan sejumlah logistik lainnya akan mulai didistribusikan ke semua TPS di kelurahan/desa,” kata Amir. Dalam pendistribusian nanti tambah Amir, akan dikawal ketat oleh petugas kepolisian. “Setelah sampai di lokasi, surat suara serta logistik akan dijaga petugas. Sementara tempat yang dijadikan penyimpanan surat suara ini akan dijaga ketat petugas,” tandas Amir.

Dari pantauan, sejumlah petugas sudah mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Rencanannya surat suara ini akan selesai dilipat beberapa hari kedepan. Jumlah yang dicetak ini adalah sudah ditambah dengan 2,5 persen surat sauar tambahan. Adapun total surat suara sesuai dengan daftar pemilih tetap adalah 86.904.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply