Home / Berita / 4 Hari Belum Ada Parpol Melapor

4 Hari Belum Ada Parpol Melapor

KOTAMOBAGU – Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu Nova R. Tamon, berharap seluruh parpol di Kota Kotamobagu melakukan pendaftaran menjadi peserta Pemilu 2019 dengan mengunggah dokumen yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU.
Program tersebut, kata Nova, bukan merupakan kebijakan baru tapi sudah berlangsung sejak Pemilu 2014. Oleh sebab itu, tak ada alasan untuk seluruh partai tidak mengisinya. “Sipol ini bukan barang baru. Sejak pemilu yang lalu, Sipol ini sudah digunakan. Hanya saja sitemnya di-update supaya lebih baik, lebih mudah digunakan. Supaya lebih komplit datanya.”
Di bagian lain, Aditya L. Tegela, penanggungjawab Sipol KPU Kota Kotamobagu menjelaskan bahwa sistem tersebut bakal menolong KPU ketika hendak melakukan pengecekan kepada seluruh data parpol yang telah mendaftar. “Bisa dibayangkan, satu partai politik kalau dia mencantumkan 1.000 anggota per kabupaten/kota. Tercatat ada 514 kabupaten/kota. Itu artinya kita akan punya 514 ribu data keanggotaan. Itu kalau satu partai, kalau yang daftar misalnya 20 partai, maka akan ada 10 juta data dan seterusnya.”
Lebih lanjut, Aditya mengatakan pihaknya sudah mensosialisasikan hal itu langsung ke operator sipol di partai politik masing-masing. Bahkan, pengisian Sipol pun sudah dijelaskan secara detail.”
Informasi yang diperoleh media ini, hingga hari keempat, Jumat (06/09/17) petang ini, belum ada satu parpol pun yang mendaftar dan memasukkan KTA maupun KTP keanggotaan ke KPU Kota Kotamobagu.
“Dengan demikian masih ada 10 hari ke depan. Namun jangan sampai parpol memasukkan dokumennya di hari terakhir, menjaga agar jika ada perbaikan-perbaikan dan waktu sudah tidak mencukupi lagi,” pungkas Aditya. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …