Home / Berita / 33 Desa/Kelurahan Lengkapi Rekom PPS

33 Desa/Kelurahan Lengkapi Rekom PPS

KOTAMOBAGU – Seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Kotamobagu dipastikan Rabu (13/04/15) hari ini akan merampungkan berkas Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Di Kotamobagu Utara tinggal Kelurahan Biga yang akan memasukkan dokumen hari ini. Sebenarnya dari kemarin berkas itu sudah siap, tapi masih ada teknis yang harus dilengkapi,” kata Junaidi Amra, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotamobagu Utara kepada media ini.

Hal yang sama juga disampaikan tiga Ketua PPK lainnya; Samsuri Mamonto (Kotamobagu Timur), Sande Makalalag (Kotamobagu Barat) dan Yuelisa Karu (Kotamobagu Selatan). Mereka sepakat hari ini juga akan membereskan dokumen dan rekomendasi lurah maupun sangadi (kepala desa, red) terkait rekrutmen PPS. “Mudah-mudahan jika tidak ada aral melintang hari ini semuanya beres,” kata mereka serempak.

Sementara itu penanggungjawab rekrutmen PPS, Iwan Manoppo yang juga Ketua Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih pemula dan SDM KPU Kotamobagu saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa pihaknya sejak awal memang terus mem-pressure PPK untuk memantau dan memonitoring rekomendasi lurah dan sangadi terkait rekrutmen PPS.

“Sesuai Peraturan KPU, rekomendasi yang dimasukkan ke KPU paling sedikit enam orang. Nantinya mereka akan diseleksi oleh KPU Kotamobagu dan disaring menjadi tiga orang.”

Saat ditanya tes apa yang akan dijalani oleh para calon PPS untuk bisa dijaring menjadi tiga orang terpilih, Iwan mengaku pihaknya belum bisa memastikan. “Kami masih akan melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Sulawesi Utara terkait tes yang akan digunakan, mengingat waktu yang dijadwalkan hanya satu hari, sementara peserta yang mengikuti tes banyak,” jelas Iwan di ruang kerjanya pagi tadi.

Namun demikian, kata komisioner berlatar akademisi itu, pihaknya sudah merancang soal tes tertulis. “Soal tes tertulisnya sudah siap dan tinggal diperbanyak. Kami juga tidak mempersoalkan kalau memang pada akhirnya KPU Provinsi Sulawesi Utara menetapkan tes wawancara untuk menjaring PPS terpilih.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply