Home / Berita / 29 Juni Pleno Rekapitulasi Suara

29 Juni Pleno Rekapitulasi Suara

KOTAMOBAGU– Rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan dan penghitungan suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kota Kotamobagu tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), digelar Selasa (25/6). Sementara untuk tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sesuai jadwal dilaksanakan pada Kamis (27/6) besok.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nayodo Koerniawan mengatakan pihaknya akan melakukan rapat pleno pada Sabtu 29 Juni mendatang. “Proses penghitungan dilakukan secara berjenjang dari PPS, PPK sampai akhirnya ke KPU. Proses penghitungan di PPS dijadwalkan berlangsung selama dua hari. Namun beberapa PPS sudah menyelesaikan penghitungan dan langsung menyerahkannya ke PPK. Setelah penghitungan di tingkat PPK, baru pleno penghitungan di tingkat KPU,” kata Nayodo menjelaskan.

Terkait pengamanan, Polres Bolmong menyiagakan 60 personelnya untuk menjaga setiap sekretariat PPK di Kotamobagu. Para personel juga bertugas mengamankan kotak suara yang berisi surat suara yang akan dihitung di tingkat PPK, pekan ini. “Pengamanan seperti biasa. Tapi saat dibawa ke PPK, kami akan mengerahkan 60 personel di PPK sampai akhirnya dibawa ke KPU,” tegas Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan, kemarin.

Sementara itu, data perolehan suara sementara empat pasangan calon masih menempatkan pasangan nomor urut 1 Tatong Bara-Jainuddin Damopolii (TB-JaDi) memimpin dengan jumlah 37,679 suara (52,93 %), disusul pasangan nomor urut 3 Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala (DjelaS) dengan 27,868 suara (39,15%). Kemudian pasangan nomor urut 4 Muhammad Salim Landjar-Ishak Sugeha (L4RIS) dengan 4.783 suara (6,72%) dan terakhir pasangan nomor urut 2 Nurdin Makalalag-Sahat Robert Siagian (BeNaR) dengan 853 suara (1,20%). (*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply