Home / Berita / 288 Orang PPDP Siap Kunjungi Pemilih

288 Orang PPDP Siap Kunjungi Pemilih

KOTAMOBAGU – Sebanyak 288 orang Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) siap menjalankan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara (Pilgub Sulut) Tahun 2020.
“Jumlah PPDP tersebut sama dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan pada hari H Pilgub Sulut 2020 tanggal 9 Desember mendatang,” kata Zulkifli Kadengkang, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi sumberdaya manusasi (SDM), sosialisasi dan partisipsi masyarakat di kantornya, Senin (13/06/2020).
Untuk saat ini, kata Zulkifli, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut administrasi PPDP, sebelum bertugas menemui para pemilih di rumah-rumah.
“Kami (KPU Kota Kotamobagu, red) kembali mengecek syarat administrasi PPDP seperti diantaranya batas usia yakni antara 20-50 tahun, kemudian tidak terlibat di partai politik (parpol) yang dibuktikan dengan data dari sistem informasi partai politik (Sipol), dan terakhir adalah hasil rapid test Covid-19.”
Meskipun rekrutmen PPDP merupakan kewenangan dan dilakukan sepenuhnya oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), lanjut Zulkifli, namun KPU Kota Kotamobagu tetap berusaha untuk memantau serta mengecek dengan detail, khususnya nama-nama yang diusulkan.
“Ini penting jangan sampai terjadi hal-hal yang dianggap menyalahi aturan lantaran kealpaan maupun kelalaian PPS atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), terutama yang terkait dengan syarat calon sebagaimana sudah disampaikan tadi.”
Tahapan coklit kali ini, tambah Yokman Muhaling, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data pemilih, akan diawali dengan peresmian serta pelantikan PPDP pada Selasa (14/06/2020).
“Setelah itu Rabu (15/06/2020) akan digelar Apel Akbar Coklit Serentak Nasional yang dipimpin langsung KPU RI melalui media daring. PPDP akan dihadirkan melalui komunikasi secara internet.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …