Home / Berita / 267 Caleg Masuk DCS

267 Caleg Masuk DCS

KOTAMOBAGU– Setelah melalui berbagai tahapan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu secara resmi mengumumkan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) periode 2014-2019.
Dari sederetan caleg nama yang dimasukkan 12 partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, sebanyak 267 caleg resmi masuk dalam daftar calon sementara (DCS). Namun, bukan berarti para bacaleg tersebut otomatis masuk dalam daftar calon tetap (DPT).

“Setelah pengumuman ini, masyarakat bisa memberikan tanggapan terhadap nama-nama yang tertera dalam DCS itu. Bila memang bermasalah, bacaleg tersebut bisa saja diganti,” ujar Komisioner KPU Kotamobagu Amir Halatan, Rabu (12/6).

Data diperoleh, ada lima anggota legislatif (aleg) DPRD Kotamobagu yang masih aktif pindah ke parpol lain. Mereka adalah Agus Suprijanta, Bayu Sagita Damopolii, Ridwan Makalalag, Yulianto Dotulong dan Suharsono Marsidi. Agus yang pada Pemilu 2009 maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN), kini menjadi caleg Partai Hanura. Suharsono dari PDP ikut juga pindah ke Hanura. Bayu berasal dari Partai Barisan Nasional (Barnas), pada pileg kali ini maju melalui PAN. Begitu juga dengan Ridwan dari Partai Bintang Reformasi (PBR) ikut bergabung dengan PAN. Sedangkan Yulianto yang dulu maju dari Partai Demokrat, kini bersama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut Amir, sesuai ketentuan, mereka harus memperhatikan penyelesaian pengunduran di partai politik terdahulu. Dimana surat keputusan pergantian antar waktu (PAW) bacaleg dari gubernur sudah harus keluar minimal 1 Agustus 2013.

“Kalau belum ada SK dari gubernur tentang pergantian tersebut, bisa saja pencalonannya terganjal. Namun jika proses pergantian tersebut masih berjalan tetap masih memungkinkan. Bacaleg yang pindah partai tersebut tinggal menyampaikan surat keterangan tentang proses pergantian itu,” jelas Amir.

Terpisah, Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan mengatakan KPU memberi kesempatan untuk pergantian antara 26 Juli sampai 1 Agustus jika ada tanggapan dari masyarakat terhadap si caleg. “Verifikasi pergantian dilakukan antara tanggal 2-8 Agustus. Setelah itu, KPU akan mulai menyusun dan menetapkan DCT antara tanggal 9-22 Agustus,” tandas Nayodo.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply