Home / Berita / 144 Pemilih NIK Invalid

144 Pemilih NIK Invalid

KOTAMOBAGU – Dari hasil pemutakhiran data daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran (DPSHP) menyisakan 144 pemilih yang nomor induk kependudukan (NIK)-nya bermasalah.

Menurut Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, sebanyak 144 invalid itu hasil temuan PPS saat pemutakhiran data pasca pemilu legislatif. “Jadi bukan KPU atau PPS maupun PPK yang mengarang-ngarang angka tersebut. Itu murni data dari hasil pileg kemarin,” kata Nayodo sambil menambahkan pihaknya tidak berani berspekulasi soal data pemilih mengingat itu semua urusan pemerintah.

Kadis kependudukan dan Catatan Sipil, Pobela, yang hadir pada acara tersebut mengatakan pihaknya terbuka lebar untuk memperbaiki NIK yang invalid. “Hanya saja kami minta operator dari KPU maupun Capil untuk duduk bersama menuntaskan masalah ini. Saya yakin tidak ada yang tidak mungkin,” tegas Pobela pada rakor yang digelar KPU Kotamobagu du Senator Hotel, Senin (02/06/14).

Terkait itu, beberapa pimpinan parpol menyarankan soal perlunya koordinasi yang intensif antara KPU dengan Capil dan saling menyalahkan. “Ini semua demi kebaikan dan kualitas pemilu itu sendiri,” tegas Agus Suprijanta (Hanura) dan diiyakan Jusran Mokolanot (PKB), Riswanto Dalie (PDI-P).

Bahkan mereka menyarankan kepada KPU untuk segera memasukkan nama-nama 144 NIK invalid itu ke KPU sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). “Kami juga sudah banyak berkoordinasi dengan divisi data KPU terkait daftar pemilih, karena itu kami menyarankan untuk segera melakukan sinkronisasi secara berjenjang antara KPU dan capil,” kata Ivna Tandayu, personil Panwaslu Kotamobagu.

Ivan menambahkan pihaknya sudah menginstruksikan kepada pengawas lapangan untuk bekerjasama dengan PPS dan PPK dalam hal sinkronisasi daftar pemilih ditingkat bawah. “Kita tidak menginginkan antara KPU dan Panwaslu jalan sendiri-sendiri, sudah waktunya kita jalan bersama dan membahas persoalan secara bersama-sama pula,” pungkas Ivan. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply